Selasa, 18 November 2014

AKTIVITAS – AKTIVITAS DALAM BISNIS



Lingkup aktivitas bisnis sangat luas. Namun pada dasarnya aktivitas tersebut terdiri dari produksi, distribusi, konsumsi.
a.    Produksi
Dalam pengertian luas, produksi berarti setiap aktivitas untuk memuaskan kebutuhan manusia. Produksi itu dapat dibedakan atas produksi primer, sekunder, dan tersier.
Produksi primer berarti aktivitas bisnis menarik sumber daya alam yang ada di lingkungannya, misalnya dalam pertambangan orang menarik biji besi dari dalam tanah. Pada perikanan orang mengumpulkan ikan dari laut.
Pada tingkat sekunder, sumber daya alam atau bahan mentah diproses atau diolah menjadi barang jadi. Contohnya balok – balok kayu yang diubah menjadi meubel. Produksi pada tahap sekunder termasuk di dalamnya perusahaan yang memproduksi berbagai elemen yang di-assembel menjadi barang – barang konsumsi atau barang – barang industri. Misalnya assembling mobil menggunakan sejumlah bagian mesin dan peralatan dengan bantuan para suplier mesin – mesin, baterai, ban, kaca, dan sejumlah peralatan lainnya sehingga dihasilkannya sebuah mobil.
Pada produksi tersier, yang diproduksi umumnya berupa jasa – jasa. Misalnya industri manufaktur dibantu oleh sejumlah jasa – jasa dan fasilitas. Sistem – sistem perusahaan, memerlukan berbagai masukan untuk berputarnya berbagai hasil untuk masyarakat. Masukan – masukan ini disebut faktor produksi, masukan – masukan dasar adalah material ( bahan baku ), tenaga kerja, modal dan enterpreneurship ( kepemimpinan ).

b.    Distribusi
Distribusi berarti pemindahan tempat barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Termasuk ke dalamnya pemindahan material dari lini permulaan ke proses produksi. Ini meliputi penyimpanan dan pengolahan bahan mentah dan barang jadi, pengepakan, pengawasan persediaan dan transportasi kepada pemakai akhir. Sebuah sistem distribusi yang efisien akan mengurangi modal yang terikat dalam bahan mentah dan barang jadi yang belum terjual. Distribusi juga terlaksana karena adanya penyedia jasa – jasa. Sistem distribusi yang baik memberi kontribusi kepada pemakai dalam memperluas pasar, ini berarti dapat mengurangi kebutuhan persediaan yang besar baik bahan mentah atau barang jadi. Harus diusahakan agar barang dan jasa dapat diperoleh bila dan dimana dibutuhkan.

c.    Konsumsi
Test terakhir dari keberhasilan produsen adalah permintaan kepada barang – barang dan jasa – jasa ini yang ditunjukkan oleh volume penjualan barang dan jasa. Namun seorang konsumen harus sadar bahwa barang yang dibutuhkannya dapat dibeli di pasar. Karena alasan ini produsen biasanya memberi usaha yang cukup untuk mempromosikan atau menciptakan suatu kesadaran akan produksi barang atau jasanya. Aktivitas promosi seperti ini boleh juga diarahkan pada konsumen potensial yang mungkin memiliki daya beli namun belum ada keinginan untuk membeli.
Konsumsi yang besar dapat dipertahankan jika para pembeli memiliki tenaga beli yang perlu. Ini dipengaruhi oleh penghasilan konsumen dan pola konsumsinya. Namun tidak seluruh penghasilan pribadi dapat menjadi pengeluaran. Konsumsi seseorang polanya tergantung juga pada faktor – faktor lain, salah satunya pada kelompok umurnya.
Dewasa ini perusahaan ditantang jenis lain dari permintaan konsumen yaitu hak – hak konsumen. Konsumen sekarang meminta proteksi ( perlindungan ) dari praktek penjualan tidak etis. Sejak tahun 1960an, kelompok konsumen telah muncul di berbagai negara memastikan bahwa para konsumen mempunyai hak dasar atas keselamatan, memperoleh informasi, memilih dan untuk didengar. Daya beli konsumen ditingkatkan melalui proses kredit. Penyedia barang – barang tahan lama, seperti elektronik, otomotif, perumahan diberikan proses pembelian secara kredit ( pembayaran angsuran ). Perusahaan – perusahaan juga mungkin meminta pinjaman dari lembaga keuangan. Peranan dari sektor keuangan membuka jalur simpanan mendanai produksi dan konsumsi.

Daftar Pustaka :
Drs. M. Manullang., (2002), Pengantar Bisnis Edisi Pertama, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEildXAbVvJPR_lOH9JSBCFe-XVLVKdy2DYc4oDv5fYOmf8RF204T4VEuEu5BiL60z00KDLjZGL4Xl5NrT7LYZz_Y3zrLCRb-iBTEktjZL-PsZ7eaUfVymM5TcRlwi6ixK8jjhA0zIAXDWY/s1600/gundar-logo1.png





Tidak ada komentar:

Posting Komentar