Jumat, 21 November 2014

PASAR BEBAS




Pasar bebas adalah pasar ideal, di mana seluruh keputusan ekonomi dan aksi oleh individu yang berhubungan dengan uang, barang, dan jasa adalah sukarela, dan oleh karena itu tanpa mencuri.
Ekonomi pasar bebas adalah ekonomi di mana pasar relatif bebas. Pasar bebas diadvokasikan oleh pengusul ekonomi liberalisme.
Perdagangan bebas adalah sebuah konsep ekonomi yang mengacu penjualan produk antar negara tanpa pajak ekspor-impor atau hambatan perdagangan lainnya. Perdagangan bebas dapat juga didefinisikan sebagai tidak adanya hambatan buatan ( hambatan yang diterapkan pemerintah ) dalam perdagangan antar individual - individual dan perusahaan - perusahaan yang berada di negara yang berbeda.
Perdagangan Internasional sering dibatasi oleh berbagai pajak negara, biaya tambahan yang diterapkan pada barang ekspor impor, dan juga regulasi non tarif pada barang impor. Secara teori, semula hambatan - hambatan inilah yang ditolak oleh perdagangan bebas. Namun dalam kenyataannya, perjanjian - perjanjian perdagangan yang didukung oleh penganut perdagangan bebas ini justru sebenarnya menciptakan hambatan baru kepada terciptanya pasar bebas. Perjanjian - perjanjian tersebut sering dikritik karena melindungi kepentingan perusahaan-perusahaan besar.
Kekuatan – kekuatan pasar bebas,  yaitu keterkaitan tindakan permintaan dan penawaran akan menentukan apa dan berapa banyak yang akan diproduksikan dan dikonsumsikan. Kekuatan – kekuatan ini adalah mekanisme alokasi. Dari segi penawaran, faktor – faktor produksi akan diorganisir oleh enterpreneur untuk memenuhi permintaan konsumen. Tanah, tenaga kerja dan modal akan dapat diperoleh untuk digunakan pada suatu harga dan diubah menjadi barang – barang dan jasa.
Keterkaitan bebas dari kekuatan – kekuatan pasar akan menghasilkan sebuah harga keseimbangan dimana jumlah permintaan sama dengan kuantitas persediaan. Jadi mekanisme pasar menjadi suatu cara yang efektif dengan mana sumber – sumber daya dialokasikan. Bagaimanapun sistem pasar tidak akan sempurna bila tidak ada suatu informasi lengkap baik untuk produsen maupun untuk konsumen kalau terjadi suatu monopoli atau oligopoli.
Daftar Pustaka :
Drs. M. Manullang., (2002), Pengantar Bisnis Edisi Pertama, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_bebas



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEildXAbVvJPR_lOH9JSBCFe-XVLVKdy2DYc4oDv5fYOmf8RF204T4VEuEu5BiL60z00KDLjZGL4Xl5NrT7LYZz_Y3zrLCRb-iBTEktjZL-PsZ7eaUfVymM5TcRlwi6ixK8jjhA0zIAXDWY/s1600/gundar-logo1.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar