Setiap hari kita melakukan kegiatan
marketing atau pemasaran antara lain membeli sayur di pasar, menjual barang,
belanja di Super Market dan sebagainya. Semua yang disebutkan diatas hanya
merupakan sebagian kecil saja dari kegiatan marketing secara keseluruhan.
Marketing bukan hanya mencakup jual
beli, tetapi lebih daripada itu, marketing juga membahas segala masalah yang
ada dalam perusahaan. Kegiatan marketing meliputi hal-hal seperti: menetapkan
apa yang dikehendaki konsumen ; Merancang dan mengembangkan suatu produk yang
dapat memuaskan kebutuhan tersebut ; Menentukan cara yang terbaik mengenai
penetapan mutu, penetapan harga yang tepat, promosi dan pendistribusian produk
yang sesuai.
Dapat disimpulkan bahwa marketing
adalah suatu sistem kegiatan bisnis secara total yang dirancang sedemikian rupa
untuk merencanakan jenis barang yang dijual, menetapkan harga, promosi dan
mendistribusikan barang-barang dan jasa-jasa yang dapat memuaskan konsumen
potensial.
Marketing merupakan suatu proses
dinamis dari dunia usaha, terdiri dari sejumlah aktivitas yang berkesinambungan
yang merupakan interaksi dari sejumlah kegiatan yang dimulai dari mengajukan
ide-ide tentang produk yang akan dihasilkan, selanjutnya diusahakan hal
tersebut menjadi kenyataan berupa barang atau jasa untuk kemudian disampaikan
ketangan konsumen untuk memuaskan kebutuhannya.
Marketing dikatakan berhasil apabila
memaksimumkan volume penjualan yang menguntungkan dalam jangka waktu panjang.
Oleh karenanya konsumen tersebut dipenuhi kebutuhan dalam rangka untuk
memperpanjang usaha-usaha marketiing yang telah dilakukan.
Marketing atau pemasaran sering
dianggap sama dengan berbagai istilah seperti selling, merchandising, dan distribution,
walaupun ketiga istilah tersebut merupakan konsep yang lebih sempit, karena
masing-masing istilah tersebut merupakan suatu elemen dari aktivitas di dalam
sistem marketing secara total.
Selling adalah sebahagian dari promosi, dan
promosi adalah salah satu unsur aktivitas pemasaran sebagai keseluruhan. Merchandising adalah perencanaan produk,
yakni perusahaan berusaha merencanakan produk atau jasa yang paling tepat pada
harga yang tepat dan dengan pengepakan yang tepat, warna serta ukuran yang
tepat. Distribution adalah saluran
distribusi yaitu menyampaikan barang ke pasar atau kepada konsumen akhir, ini
meliputi kegiatan-kegiatan transportasi, pergudangan, dan pengawasan
persediaan,
Marketing dan selling amat berbeda
dari segi penekanan peninjauan atau sudut pandang kepada kedua istilah
tersebut. Dalam konsep selling, suatu perusahaan mengunakan metode penjualan
dengan membujuk konsumen agar membeli produk yang dihasilkannya, lain
perusahaan berusaha membelokkan permintaan konsumen agar sesuai dengan
penawaran dari perusahaan.
Dalam konsep marketing, perusahaan
mengidentifikasikan terlebih dahulu apa yang diinginkan oleh konsumen dan
sebagai hasil identifikasi tersebut perusahaan berusaha mengambangkan suatu
produk yang memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen kemudian berusaha
menghasilkan keuntungan. Dengan kata lain pada konsep marketing, perusahaan
berusaha membelokkan penawaran dari perusahaan kepada kemauan dan permintaan
konsumen.
Drs. M. Manullang., (2002), Pengantar Bisnis Edisi Pertama, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar