Senin, 17 November 2014

MARKETING ATAU PEMASARAN DI DALAM PERUSAHAAN

Setiap hari kita melakukan kegiatan marketing atau pemasaran antara lain membeli sayur di pasar, menjual barang, belanja di Super Market dan sebagainya. Semua yang disebutkan diatas hanya merupakan sebagian kecil saja dari kegiatan marketing secara keseluruhan.
Marketing bukan hanya mencakup jual beli, tetapi lebih daripada itu, marketing juga membahas segala masalah yang ada dalam perusahaan. Kegiatan marketing meliputi hal-hal seperti: menetapkan apa yang dikehendaki konsumen ; Merancang dan mengembangkan suatu produk yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut ; Menentukan cara yang terbaik mengenai penetapan mutu, penetapan harga yang tepat, promosi dan pendistribusian produk yang sesuai.
Dapat disimpulkan bahwa marketing adalah suatu sistem kegiatan bisnis secara total yang dirancang sedemikian rupa untuk merencanakan jenis barang yang dijual, menetapkan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang dan jasa-jasa yang dapat memuaskan konsumen potensial.
Marketing merupakan suatu proses dinamis dari dunia usaha, terdiri dari sejumlah aktivitas yang berkesinambungan yang merupakan interaksi dari sejumlah kegiatan yang dimulai dari mengajukan ide-ide tentang produk yang akan dihasilkan, selanjutnya diusahakan hal tersebut menjadi kenyataan berupa barang atau jasa untuk kemudian disampaikan ketangan konsumen untuk memuaskan kebutuhannya.
Marketing dikatakan berhasil apabila memaksimumkan volume penjualan yang menguntungkan dalam jangka waktu panjang. Oleh karenanya konsumen tersebut dipenuhi kebutuhan dalam rangka untuk memperpanjang usaha-usaha marketiing yang telah dilakukan.
Marketing atau pemasaran sering dianggap sama dengan berbagai istilah seperti selling, merchandising, dan distribution, walaupun ketiga istilah tersebut merupakan konsep yang lebih sempit, karena masing-masing istilah tersebut merupakan suatu elemen dari aktivitas di dalam sistem marketing secara total.
Selling adalah sebahagian dari promosi, dan promosi adalah salah satu unsur aktivitas pemasaran sebagai keseluruhan. Merchandising adalah perencanaan produk, yakni perusahaan berusaha merencanakan produk atau jasa yang paling tepat pada harga yang tepat dan dengan pengepakan yang tepat, warna serta ukuran yang tepat. Distribution adalah saluran distribusi yaitu menyampaikan barang ke pasar atau kepada konsumen akhir, ini meliputi kegiatan-kegiatan transportasi, pergudangan, dan pengawasan persediaan,
Marketing dan selling amat berbeda dari segi penekanan peninjauan atau sudut pandang kepada kedua istilah tersebut. Dalam konsep selling, suatu perusahaan mengunakan metode penjualan dengan membujuk konsumen agar membeli produk yang dihasilkannya, lain perusahaan berusaha membelokkan permintaan konsumen agar sesuai dengan penawaran dari perusahaan.
Dalam konsep marketing, perusahaan mengidentifikasikan terlebih dahulu apa yang diinginkan oleh konsumen dan sebagai hasil identifikasi tersebut perusahaan berusaha mengambangkan suatu produk yang memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen kemudian berusaha menghasilkan keuntungan. Dengan kata lain pada konsep marketing, perusahaan berusaha membelokkan penawaran dari perusahaan kepada kemauan dan permintaan konsumen.

Daftar Pustaka:
Drs. M. Manullang., (2002), Pengantar Bisnis Edisi Pertama, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. 


 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEildXAbVvJPR_lOH9JSBCFe-XVLVKdy2DYc4oDv5fYOmf8RF204T4VEuEu5BiL60z00KDLjZGL4Xl5NrT7LYZz_Y3zrLCRb-iBTEktjZL-PsZ7eaUfVymM5TcRlwi6ixK8jjhA0zIAXDWY/s1600/gundar-logo1.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar